Tentang Coffescript Si bahasa pemrogramana penyederhana bahasa pemrograman

Posted by Unknown Selasa, 09 Juli 2013 0 komentar
http://wegeeks.us/assets/coffeescript_logo-553d0e0b9fc0a816ef444280eeabc84d.png
Coffescript adalah bahasa pemrograman  sederhana yang hasil compilasinya berupa file javascript.  Mungkin  anda heran, kenapa hasil compilasinya berupa javascript? kenapa ga kita tulis saja javascriptnya secara langsung?. Alasan utama adanya coffescript adalah karena javascript terlalu bertele tele dalam hal syntax. Coffescript menyederhanakan code code javascript sehingga anda lebih hemat waktu saat coding.






Sebagai contoh, lihat perbandingan code Coffescript dengan javascript dibawah ini.

 
Perbandingan Code Coffescript (kiri) dan javascript (kanan)

Pada bahasa pemrograman Coffescript ini  menggunakan ektensi .coffe sedangkan hasil compilasinya berekentsi .js.
Berikut ini beberapa sumber [tempat] yang  bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dalam mempelajari bahasa pemrograman ini :

1. Offisial Site [ http://coffeescript.org/ ]
Pada situs tersebut anda bisa langsung mempelajari coffescript secara interaktif dimana anda bisa langsung mengedit code dan melihat hasil eksekusinya. Selain itu, semua aspek bahasa pemrograman ini juga dibahas dengan contoh yang jelas. Dari definisi variabel,operator  sampai pembuatan fungsi bisa anda pelajari.

2. Coffeescriptcookbook [ http://coffeescriptcookbook.com/ ]
Situs wiki yang bisa anda baca secara online. Cookbook langsung membahas bagaimana membuat script untuk melakukan tugas tertentu. Sangat cocok untuk mencari solusi coding dengan cepat.

3. Litle Book on Coffescript [ http://arcturo.github.com/library/coffeescript/ ]
Buku yang disediakan secara gratis ini akan membimbing anda dari dasar sampai pembuatan class di coffescript. Cara kompilasi juga dibahas disini.

4. Smooth Coffescript [ http://autotelicum.github.com/Smooth-CoffeeScript/ ]
Panduan gratis Coffescript dengan interface HTML5.  Coffescript di panduan ini lebih ditekankan ke functional Programming.

Nah, bagaimana Sob, tertarik ngak untuk mempelajari bahasa pemrograman ini? Okey deh sampai disini dulu, sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

sumber: [ http://www.candra.web.id ] dengan sedikit perubahan

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tentang Coffescript Si bahasa pemrogramana penyederhana bahasa pemrograman
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://androidappjorte.blogspot.com/2013/07/tentang-coffescript-si-bahasa.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of android app jorte.