Sejarah Sistem Operasi Symbian Si Raja OS mobile di Masa Lalu

Posted by Unknown Selasa, 09 Juli 2013 0 komentar


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjizwdZdxCIi-9MG7b-OGY9KDlMHg2AAP_EkF11J_7Ur9Rm3wvRFUzJvtEN1Tez503c_trV1TODCoqL4YI-7vUfo9Vu5XDcPOhtb0J8BBMayTSCvFwe3NhQZf75kSdGFD4oc6Eaf_L4Y8/s1600/Symbian.png

Tepat tanggal 13 juni 2013, pihak nokia secara resmi menghentikan distribusi ponsel symbiannya, dan ini berarti symbian Belle adalah versi terakhir dari sistem operasi yang pernah merajai dunia ponsel ini. saya turut bersedih setelah membaca berita tersebut, maka dari itu saya memposting artikel ini agar kita bisa mengetahui bahwa di dunia ini pernah ada sebuah sistem operasi canggih yang pernah menguasai pangsa pasar os mobile di dunia, baiklah berikut ini saya berikan sedikit gambaran dari sejarah os symbian ini yang saya kutip dari berbagai sumber.

Pada tahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi ini lebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998, terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan telepon selular yang diberi nama Symbian. Pada tahun 2004 Psion menjual sahamnya dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC Release 5 yang kemudian dikenal dengan nama Symbian OS v5. Sistem operasi dari Symbian OS v5 itu sudah mulai mengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi pada perangkat seperti PDA selain telepon seluler.

http://andipeace.files.wordpress.com/2009/11/symbian-phones1.jpg

Kemudian muncul perangkat yang dinamakan smartphone dan muncullah pula versi-versi terbaru dari Symbian OS hingga ada yang disebut dengan Symbian v6.0 atau yang lebih terkenal dengan nama ER6 yang merupakan versi pertama dari Symbian OS. Sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi. Pada awal tahun 2005, muncul Symbian OS v9.1 dengan sistem keamanan platform baru yang dikenal sebagai capability-based security. Sistem keamanan ini mengatur hak akses bagi aplikasi yang akan diinstal pada peralatan dalam hal mengakses API.

Muncul pula yang disebut dengan Symbian OS v9.2 yang melakukan perbaharuan pada teknologi konektifitas Bluetooth dengan digunakannya Bluetooth v.2.0. Sedangkan yang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 (dirilis pada tanggal 12 Juli 2006) telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian dari komponen standarnya.

Pada bulan Desember 2008, Nokia membeli Symbian Ltd, perusahaan di belakang Symbian OS, akibatnya, Nokia menjadi kontributor utama untuk kode Symbian, karena kemudian memiliki sumber daya pembangunan untuk kedua inti OS Symbian dan antarmuka pengguna. Sejak itu Nokia telah mempertahankan repositori kode sendiri untuk pengembangan platform, secara teratur melepaskan pengembangannya ke repositori umum. Symbian dimaksudkan untuk dikembangkan oleh komunitas yang dipimpin oleh Symbian Foundation, yang pertama kali diumumkan pada bulan Juni 2008 dan yang secara resmi diluncurkan pada April 2009. Tujuannya adalah untuk mempublikasikan kode sumber untuk platform Symbian seluruh bawah OSI dan FSF Lisensi disetujui Publik Eclipse (EPL). Kode ini diterbitkan di bawah EPL pada 4 Februari 2010; Symbian Foundation melaporkan acara ini untuk menjadi basis kode terbesar dialihkan ke Open Source dalam sejarah.
Namun, beberapa komponen penting dalam Symbian OS yang berlisensi dari pihak ketiga, yang mencegah dasar dari penerbitan sumber penuh di bawah EPL langsung, melainkan banyak sumber itu di lakukan Symbian Foundation lebih ketat Lisensi (SFL) dan akses ke sumber penuh kode terbatas pada perusahaan anggota saja, meskipun keanggotaannya terbuka bagi setiap organisasi.
 http://img.brajeshwar.com/symbian.jpg
Pada bulan November 2010, Symbian Foundation mengumumkan bahwa karena kurangnya dukungan dari anggota dana, itu akan transisi untuk organisasi lisensi-satunya, Nokia mengumumkan akan mengambil alih pengelolaan dari platform Symbian. Symbian Foundation akan tetap menjadi pemegang merek dagang dan lisensi entitas dan hanya akan memiliki direktur non-eksekutif yang terlibat.
Pada tanggal 11 Februari 2011, Nokia mengumumkan kemitraan dengan Microsoft yang akan melihatnya mengadopsi Windows Phone 7 untuk smartphone, mengurangi jumlah perangkat yang menjalankan Symbian selama dua tahun mendatang. Akibatnya, penggunaan platform Symbian untuk membangun aplikasi mobile turun dengan cepat. Penelitian pada bulan Juni 2011 menunjukkan bahwa lebih dari 39% dari pengembang mobile menggunakan Symbian pada saat publikasi berencana untuk meninggalkan platform.
Dengan April 5, 2011, Nokia tidak lagi open source setiap bagian dari perangkat lunak Symbian dan mengurangi kolaborasi untuk sekelompok kecil dipilih sebelumnya mitra di Jepang. Source code dirilis di bawah EPL tetap tersedia di repositori pihak ketiga.
di kutip dari berbagai sumber

Sumber : dari berbagai media
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah Sistem Operasi Symbian Si Raja OS mobile di Masa Lalu
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://androidappjorte.blogspot.com/2013/07/sejarah-sistem-operasi-symbian-si-raja.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of android app jorte.